Rabu, 23 November 2011

Penyebab Serangan Jantung Mendadak

Heart Attack atau serangan jantung merupakan pembunuh no 1 di Indonesia, banyak orang yang meninggal akibat serangan jantung tanpa sakit terlebih dahulu. Secara tiba tiba tanpa mendapatkan pertolongan pertama. Apa saja penyebab serangan jantung mendadak? Selain pola hidup dan makan yang tidak sehat juga ada beberapa penyebab lainnya.

Berikut 4 penyebab serangan jantung mendadak.
Serangan jantung memang tidak mengenal usia dan bisa menyerang siapa saja. Bahkan, orang yang bergaya hidup sehat juga bisa menderita serangan jantung 'mendadak'.

Seperti dikutip dari Medicinenet, serangan jantung atau yang juga dikenal dengan myocardial infraction adalah kematian otot jantung mendadak dari halangan yang tiba-tiba pada arteri koroner akibat adanya pembekuan darah.

Penyumbatan pada arteri ini mengambil darah dan oksigen dari otot jantung yang menyebabkan otot jantung mengalami cedera. Cedera pada jantung ini menimbulkan sakit dada dan sensasi yang menyakitkan. Jika aliran darah tidak dikembalikan ke otot jantung dalam 20-40 menit bisa menyebabkan kematian.

Nah, berikut adalah beberapa faktor penyebab terjadinya serangan jantung yang dapat berujung pada kematian :

Kelelahan
Kelelahan fisik dan mental bisa memicu berbagai penyakit kronis, seperti gangguan pencernaan, gangguan sistem jantung serta penurunan daya tahan tubuh.

Kondisi tubuh yang lelah ditambah dengan konsumsi rokok terus menerus dan berbagai suplemen dan minuman yang mengandung ginseng dan kafein bisa memperburuk keadaan yang mengakibatkan seseorang terkena serangan jantung.

Kurang berolahraga
Olahraga yang teratur bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung, karena bisa memperlancar asupan oksigen dan darah ke seluruh tubuh.

Kadar kolesterol tinggi
Kadar kolesterol yang tinggi akan mempercepat terjadinya proses aterosklerosis yaitu penyumbatan pembuluh darah. Kadar kolesterol bagi orang dewasa sebaiknya tidak lebih dari 200 mg/dl.

Makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi yaitu seafood, kuning telur, susu jenuh dan es krim.

Tekanan darah tinggi
Berdasarkan data WHO tekanan darah normal pada orang dewasa adalah 140/90 mmHg. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi lebih berisiko terkena serangan jantung dan stroke.(gayahidup.inilah.com)

0 komentar:

Posting Komentar